darulmaarif.net – Indramayu, 13 September 2023 | 08.00 WIB
Rebo Wekasan dianggap sebagai hari datangnya sumber penyakit dan marabahaya. Rata-rata, upacara yang dilaksanakan pada Rabu Wekasan adalah bersifat tolak bala. Tradisi ini merupakan perpaduan nilai-nilai agama Islam dengan tradisi Jawa.
Tujuan peringatan Rabu Wekasan adalah menolak bencana (tolak bala) dan sebagai wujud rasa syukur. Kegiatan yang dilakukan biasanya terdiri dari berdo’a, salat sunnah, dan bersedekah.
Rebo Wekasan merupakan wujud Akulturasi Budaya Jawa (Islam dan Jawa). Daerah yang mengenal dan melakukan tradisi ini mayoritas adalah daerah pesisiran yang dikenal lebih dulu, kuat, dan kosmopolit keislamannya dibanding daerah pedalaman Jawa.
Dalam tradisi Rabu Wekasan, ada anjuran sholat sunnah rebo wekasan beserta rangkainnya, lantas bagaimana hukumnya menurut fuqoha dan menurut ulama sufi?
Menurut fatwa Hadrlorussyekh KH. Hasim Asy’ari hukumnya tidak boleh. Sholat rebo wekasan karena tidak masyru’ah (disyariatkan) dalam syara’ dan tidak ada dalil syar’i nya. Adapun fatwa tersebut sabagaimana dokumen asli yang ada pada cabang NU Sidoarjo sebagai berikut:
a. Kados pundi hukumipun ngelampahi sholat Rebo wulan shofar, kasebat wonten ing kitab mujarobat lan ingkang kasebat wonten ing akhir bab 18?
فَائِدَةٌ اُخْرَى: ذَكَرَ بَعْضُ الْعَارِفِيْنَ مِنْ اَهْلِ الْكَشْفِ وَالتَّمْكِيْنِ أَنَّهُ يَنْزِلُ كُلَّ سَنَةٍ ثَلاَثَمِائَةٍ وَعِشْرُوْنَ أَلْفًا مِنَ الْبَلِيَّاتِ وَكُلُّ ذَلِكَ فِى يَوْمِ اْلأَرْبِعَاءِ اْلآخِيْرِ مِنْ شَهْرِ صَفَرَ فَيَكُوْنُ فِى ذَلِكَ الْيَوْمِ أَصْعَبُ اَيَّامِ السَّنَةِ كُلِّهَا فَمَنْ صَلَّى فِى ذَلِكَ الْيَوْمِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ ….. الخ.
فونافا ساهى فونافا أوون؟ يعنى سنة فونافا حرام؟ أفتونا اثابكم الله؟
Artinya: “Faidah lain: Sebagian orang yang Ma’rifat dari ahli Kasyaf dan Tamkin menyebutkan: ‘setiap tahun, turun 320.000 cobaan. Semuannya itu pada hari rabu akhir bulan shafar. Maka pada hari itu menjadi sulit-sulitnya hari di tahun tersebut. Barangsiapa shalat di hari itu 4 rokaat dst.”
b. Kados pundi hukumipun ngelampai sholat hadiyah ingkang kasebat wonten ing kitab:
حاشية المهى على الستين مسئلة وونتن آخريفون باب يلامتى ميت وَنَصُّهُ: فَائِدَةٌ: ذَكَرَ فىِ نُزْهَةِ الْمَجاَلِسِ عَنْ كِتَابِ الْمُخْتاَرِ لا يَأْتِى عَلَى الْمَيِّتِ وَمَطَالِعِ الاَنْواَرِ عَنْ النَّبِى أَشَدُّ مِنَ اللَّيْلَةِ الأُوْلَى فَارْحَمُواْ مَوْتَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ فِيْهِمَا فَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ وَإِلَهُكُمْ … وَقُلْ هُوَاللهُ أَحَدْ اِحْدَى عَشْرَةَ مَرَّةً وَيَقُولُ: الّلهُمَّ إِنِّى صَلَّيْتُ هَذِهِ الصَّلاةَ وَتَعْلَمُ مَااُرِيْدُ. اللهم ابْعَثْ ثَواَبَها اِلَى قَبْرِ فُلان فَيَبْعَثُ الله مِنْ سَاعَتِهِ اَلَى قَبْرِهِ اَلْفَ مَلِكِ مَعَ كُلِّ مَلِكِ نُوْرٌ هَدِيَّةً يُؤَنِّسُوْنَةُ فِى قَبْرِهِ اِلَى اَنْ يُنْفَخَ فِى الصُّوْرِ وَيُعْطِىْ اللهُ المُصَلَّى بِعَددِ مَاطَلَعَتْ عَلَيهِ الشَّمْسُ أَلْفَ شَهِيْدٍ وَيُكْسِى أَلْفَ حُلَّةٍ. اِنْتَهَى وَقَدْ ذَكَرَنَا هَذِهِ الْفَائِدَةُ لِعُظْمِ نَفْعِهَا وَخَوْفاً مَنْ ضِيَاعِهاَ، فَيَنْبَغِى لِكُلِّ مُسْلِمٍ اَنْ يُصَلِّيْهَا كُلِّ لَيْلَةٍ لأَمْواَتِ الْمُسْلِمِيْنَ.
Artinya: “Dalam Kitab Hasyiyah Al-Mahiy ‘alaa Sittina Masalah pada akhir Bab Nyelameti Mayyit (Jenazah) dan dalilnya: menerangkan dalam kitab Nuzhatil Majaalis dari kitab Al-Mukhtar: Tidak datang bagi mayyit tatkala dimakamkan yang lebih berat daripada malam pertama, (oleh karenanya) kasihanilah mayyit kalian dengan sedekah, barangsiapa yang tidak mampu bersedekah, maka sholatlah dua raka’at bacalah surat Al-Fatihah satu kali, ayat Kursi satu kali, surat Alhakumuttakatsur (At-Takatsur) satu kali dan surat Al-Ikhlas sebelas kali pada setiap roka’atnya, kemudian setelah salam, bacalah doa ‘Ya Alloh sesungguhnya aku sholat sunnah ini dan Engkau telah mengetahui niatku, ya Alloh sampaikanlah pahala sholat ini ke makam fulan bin fulan (sebutkan nama mayyitnya) “, maka Alloh akan menyampaikan pahalanya pada saat itu juga ke makam fulan bin fulan dengan seribu Malaikat dan setiap Malaikat membawa sungai yang mengalir dan hadiah, yang selalu menemaninya sampai hari pembangkitan, dan orang yang sholat akan diberi pahala oleh Alloh sejumlah kebaikan yang Alloh turunkan setiap kali terbit matahari, dan Alloh akan memberinya pahala seperti pahalanya seribu orang mati syahid, dan Alloh akan memberikannya seribu pakaian kemuliaan, intaha. Manfaat ini kami sebutkan karena begitu besar dan takut bagi oang yang kehilangannya. Sehingga setiap muslim hendaknya mensholati orang-orang yang telah wafat setiap malamnya.
Dari pertanyaan tersebut, Hadlotussyekh KH. Hasyim Asy’ari menjawab dengan jawaban sebagai berikut:
جواب:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
أورا وناع فيتواه، اجاء-اجاء لن علاكونى صلاة ربو وكاسان لن صلاة هدية كاع كاسبوت اع سوأل، كرنا صلاة لورو ايكو ماهو دودو صلاة مشروعة فى الشرع لن اور انا اصلى فى الشرع. وَالدَّلِيْلُ عَلَى ذَلِكَ خُلُوُّ الْكُتُبِ الْمُعْتَمَدَةِ عَنْ ذِكْرِهَا كيا كتاب تقريب، المنهاج القويم، فتح المعين، التحرير لن سأفندوكور. كيا كتاب النهاية، المهذب لن إحياء علوم الدين، كابيه ماهو اورا انا كع نوتور صلاة كع كاسبوت.
Artinya: “Tidak ada fatwa, jangan melakukan sholat Rebo Wekasan dan sholat Hadiah yang telah disebutkan dalam soal diatas. Karena dia sholat yang telah disebutkan tadi bukan sholat yang disyari’atkan dalam syari’at IslamIslam dan tidak ada Usholli dalam syara’.
Dalilnya tidak ditemukan dalam kitab-kitab yang Mu’tamad seperti Kitab Taqrib, Minhajul Qowwim, Fathul Mu’in, At-TahrirAt-Tahrir, dst seperti Kitab Nihayatuz Zayn, Muhadzab, dan Ihya ‘Ulumiddin. Semua Kitab tersebut tidak ada yang menyebutkan sholat yang disebutkan diatas (sholat rebo wekasan dan sholat hadiah lil-mayyit).”
Lebih lanjut, Hadlrotussyekh KH. Hasyim Asy’ari menuturkan sebagai berikut:
وَمِنَ الْمَعْلُوْمِ اَنَّهُ لَوْكَانَ لَهَا أَصْلٌ لَبَادَرُوْا إِلَى ذِكْرِهَا وَذِكْرِ فَضْلِهَا، وَالْعَادَةُ تُحِيْلُ اَنْ يَكُوْنَ مِثْلُ هَذِهِ السُّنَّةِ، وَتَغِيْبُ عَنْ هَؤُلاَءِ وَهُمْ أَعْلَمُ الدِّيْنِ وَقُدْوَةُ الْمُؤْمِنِيْنِ. لن اورا وناع اويه قيتواه أتوا عافيك حكوم ساكا كتاب مجربات لن كتاب نزهة المجالس. كتراعان سكع حواشى الأشباه والنظائر للإمام الحمدى قال: وَلاَ يَجُوْزُ اْلإِفْتَاءُ مِنَ الْكُتُبِ اْلغَيْرِ الْمُعْتَبَرَةِ، لن كتراعان سكع كتاب تذكرة الموضوعات للملا على القارى: لاَ يَجُوْزُ نَقْلُ الْأَحَادِيْثِ النَّبَوِيَّةِ وَالْمَسَائِلِ الْفِقْهِيَّةِ وَالتَّفَاسِيْرِ الْقُرْاَنِيَّةِ إِلَّا مِنَ الْكُتُبِ الْمُدَاوَلَةِ (الْمَشْهُوْرَةِ) لِعَدَمِ اْلإِعْتِمَادِ عَلَى غَيْرِهَا مِنْ وَدَعِ الزَّنَادِقَةِ وَإِلْحَادِ الْمُلاَحَدَةِ بِخِلاَفِ الْكُتُبِ الْمَحْفُوْظَةِ. انتهى لن كتراعان سكع كتاب تنقيح الفتوى الحميدية: وَلاَ يَحِلُّ الْإِفْتَاءُ مِنَ الْكُتُبِ الْغَرِيْبَةِ. وَقَدْ عَرَفْتَ اَنَّ نَقْلَ الْمُجَرَّبَاتِ الدَّيْرَبِيَّةِ وَحَاشِيَةِ السِّتِّيْنَ لِاسْتِحْبَابِ هَذِهِ الصَّلَاةِ الْمَذْكُوْرَةِ يُخَالِفُ كُتُبَ الْفُرُوْعَ اْلفِقْهِيَّةِ فَلَا يَصِحُّ وَلَا يَجُوْزُ الْإِفْتَاءُ بِهَا. لن ماليه حديث كع كاسبات وونتن كتاب حاشية الستين فونيكا حديث موضوع. كتراعان سكع كتاب القسطلانى على البخارى: وَيُسَمَّى الْمُخْتَلَفُ الْمَوْضُوْعَ وَيَحْرُمُ رِوَايَتُهُ مَعَ الْعِلْمِ بِهِ مُبَيِّنًا وَاْلعَمَلُ بِهِ مُطْلَقًا. انتهى
قَالَ فِى نَيْلِ اْلأَمَانِى: وَيَحْرُمُ رِوَايَتُهُ أَىْ عَلَى مَنْ عَلِمَ اَوْ ظَنَّ اَنَّهُ مَوْضُوْعٌ سَوَاءٌ كَانَ فِى اْلأَحْكَامِ أَوْ فِى غَيْرِهَا كَالْمَوَاعِظِ وَالْقَصَصِ وَالتَّرْغِيْبِ إِلاَّ مَعَ : مَنْ رَوَى عَنِّي حَدِيثًا وَهُوَ يَرَىبَيَانِ وَضْعِهِ لِقَوْلِهِ أَنَّهُ كَذِبٌ، فَهُوَ أَحَدُ الْكَذَّابِين وَهُوَ مِنَ الْكَبَائِرِ حَتَّى قَالَ الْجُوَيْنِى عَنْ أَئِمَّةِ أَصْحَابِنَا بِكُفْرِ مُعْتَمِدِهِ وَيُرَاقُ دَمُهُ. وَالْجُمْهُوْرُ اَنَّهُ لاَ يَكْفُرُ إِلاَّ إِنِ اسْتَحَلَّهُ وَاِنَّمَا يُضَعَّفُ وَتُرَدُّ رِوَايَتُهُ أَبَدًا، بَلْ يُخْتَمُ ….. اِنْتَهَى. وَلَيْسَ ِلأَحَدٍ أَنْ اَنَّهُ قَالَ: الصَّلاَةُيَسْتَبْدِلَ بِمَا صَحَّ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ خَيْرٌ مَوْضُوْعٌ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَسْتَكْثِرْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَسْتَقْلِلْ، فَاِنَّ ذَلِكَ مُخْتَصٌّ بِصَلاَةٍ مَشْرُوْعِيَّةٍ سكيرا اورا بيصا تتف كسنتانى صلاة هدية كلوان دليل حديث موضوع، موعكا اورا بيصا تتف كسنتانى صلاة ربو وكاسان كلوان دليل داووهى ستعاهى علماء العارفين، مالاه بيصا حرام، سباب ايكى بيصا تلبس بعبادة فاسدة. والله سبحانه وتعالى أعلم.
(هذا جواب الفقير اليه تعالى محمد هاشم أشعارى جومباع)
Kesimpulannya:
Tidak ada anjuran sholat rebo wekasan atau sholat hadiah untuk mayyit dalam kitab-kitab Fiqh yang mu’tamad.
Ulama Nusantara yang jelas-jelas tidak memperbolehkan nya adalah Hadlrotussyekh KH. Hasyim Asy’ariAsy’ari. Sedangkan Ulama-ulama yang berhaluan Sufi cenderung melaksanakannya.
Syekh Zainuddin, murid dari Syekh Ibnu Hajar Al-Maliki dalam kitab Irsyadul ‘Ibad mengatakan bahwa hal itu termasuk bid’ah madzmumah (tercela). Maka, bagi orang yang hendak melaksanakan sholat tersebut sesuai dengan tuntunan Syekh Al-Kamil Fariduddin dalam kitab Jawaahirul Khomis hendaknya berniat melaksanakan sholat sunnah muthlak dimana sholat muthlak adalah sholat yang tidak dibatasi oleh waktu, sebab dan bilangannya.
Semoga bermanfaat. Wallohu a’lam.